Senin, 23 April 2018

9 Novel Bertema Multiverse Rekomendasi Penfi

Multiverse atau multi-semesta adalah salah satu teori ilmiah yang menyatakan bahwa ada banyak semesta lain di luar semesta yang sedang kita jalani. Banyaknya semesta yang berlainan tersebut bisa disebut juga semesta paralel atau semesta alternatif. Teori-teori hipotesis ini jauh lebih kompleks daripada yang bisa Penfi jelaskan, tapi salah satu teorinya banyak dipakai penulis fiksi ilmiah sebagai tema dalam buku mereka. Beberapa ilmuwan berpendapat hidup kita dipengaruhi oleh pilihan-pilihan. Misalkan saja kamu sedang membeli es krim, rasa es krim yang kamu pilih akan membentuk semesta baru di masa yang akan datang. Jika pilihanmu adalah es krim coklat, kamu ada di semesta A, yang sedang kamu jalani dengan sangat sadar, realitas kamu. Tapi ada semesta lain di mana kamu memilih es krim vanila, dan semesta ini dinamakan semesta B. Lalu ada juga semesta lain, sebut saja semesta C, di mana kamu tidak membeli es krim sama sekali. Bingung? Penfi kasih aja buku-buku tentang multiverse yang bisa kamu baca ;)




1. Dark Matter by Blake Crouch

Jasson Dessen adalah seorang dosen fisika di sebuah universitas, sudah menikah dan memiliki putra, dengan kehidupan yang biasa-biasa saja. Sampai suatu ketika seseorang membuatnya pingsan dan begitu sadar, dirinya terikat ke sebuah kursi dengan beberapa orang berpakaian pelindung mengelilinginya. Lalu dia mendapati bahwa istrinya bukan istrinya, putra mereka tidak pernah terlahir, dan dirinya adalah seorang ahli fisika jenius yang diakui dunia. Awalnya Jason merasa dirinya sedang bermimpi. Mimpi buruk. Tapi lama kelamaan dia mempelajari sesuatu tentang dirinya sendiri, tentang sebuah alat yang seharusnya tidak diciptakan. Lalu buku ini akan menunjukkan tentang pilihan-pilihan yang sudah, sedang, dan akan kita buat. Seberapa sering kita puas dengan pilihan kita sendiri? Seberapa sering kita kecewa? Dan seberapa sering kita ingin mengubah pilihan kita di masa lalu seandainya bisa? Kalau kalian mencari genre low scifi di mana penjelasan ilmiahnya mudah dimengerti, dan kalau kalian mencari buku menegangkan penuh bahaya serta kemungkinan-kemungkinannya, sebaiknya kalian mulai membaca buku ini. Sebelum kalian menyesal. (hehehe)

Buku ini sudah diterjemahkan oleh Nourabooks tahun 2017. Blake Crouch terkenal karena bukunya Wayward Pines Trilogy mendapat sambutan meriah dan telah diadaptasi ke layar TV. Studio film Sony Pictures sudah membeli hak perfilman untuk buku ini bahkan sebelum Dark Matter hadir di toko-toko buku (tahun 2014). Kabarnya Matt Tolmach sedang menggarap film ini, namun terhenti karena sibuk dengan proyek lain seperti Spiderman: Homecoming dan Jumanji (2017). Banyak spekulan yang menyatakan kemungkinan menjadikan buku ini serial TV seperti Wayward Pines, karena banyaknya semesta yang didatangi Jason, namun sekali lagi tidak ada yang bisa memberikan kepastian saat ini. Gimana menurut kalian? Bagusnya serial TV atau movie saja?



2. His Dark Materials by Philip Pullman

Lyra Belacqua adalah seorang anak yatim piatu dengan hanya memiliki paman yang bersifat keras. Dalam dunia ini, setiap manusia memiliki daemon, semacam roh yang terbentuk dari alam bawah sadar dan menunjukkan bentuk hewani kepribadian kita. Daemon-daemon ini bisa berbicara dan melakukan beberapa hal. Namun ketika paman Lyra pergi menyelidiki fenomena Dust dan muncul penampakan borealis yang menampilkan sekelibatan semesta alternatif lain, Lyra dititipkan pada koleganya yang bernama Mrs. Coulter. Pelajar dan penjelajah tersebut memberikan perhatian pada Lyra, melebihi yang bisa diberikan pamannya padanya. Ketika Lyra memutuskan untuk mencari temannya, Roger, yang diculik, dia belajar bahwa segala sesuatunya tidak seperti yang terlihat. Bahwa ada misteri-misteri semesta dan kejahatan organisasi rahasia yang menginginkan orang-orang terpisah dari daemon-daemon mereka, dimulai dari anak-anak. Dan semuanya melibatkan paman Lyra dan Mrs. Coulter. Bagaimana semesta alternatif ini berperan dan apa bahayanya? Kalian baca saja. 
Buku yang berupa trilogi ini sudah selesai diterjemahkan pada abad lampau oleh Gramedia Pustaka Utama. Belum lama ini tersiar kabar bahwa prekuelnya, The Book of Dust akan segera diterbitkan tahun ini dan penerbit yang sama sudah mengambil hak penerbitannya. The Book of Dust mengisahkan kejadian pada 12 tahun sebelum petualangan Lyra Belacqua. Buku pertama His Dark Material: Golden Compas sudah difilmkan namun tidak dilanjutkan hingga selesai. Philip Pullman adalah penulis terkenal yang sudah menerbitkan banyak buku bestsellers.  



3. Interworld by Neil Gaiman dan Michael Reaves

Joey Harker buta arah. Dia sering nyasar bahkan di dalam rumahnya sendiri. Ini dikarenakan Joey memiliki kemampuan khusus yaitu menjelajah banyak dunia alternatif. Sama seperti Joey-Joey lain dari berbagai dunia alternatif tersebut. Dia juga mendapati dari banyak dunia alternatif, ada 2 hukum semesta yang mempengaruhi dunia-dunia tersebut, yaitu hukum teknologi dan hukum sihir. Keduanya saling berperang untuk menguasai satu sama lain dan itu mengakibatkan keseimbangan antar-dunia terganggu. Maka sudah menjadi tugas Joey-Joey untuk menghentikan keduanya dan mengembalikan equilibrium. 
Buku ini diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2010, dan buku keduanya, The Silver Dream, terbit pada tahun 2013. Kami sedang menunggu buku ketiganya, The Eternity's Wheel, terbit juga! Sudah terlampau lama nih ya. Meski Demikian! Buku ini memberikan penjelasan ringan tentang lubang cacing dan teori-teori fisika kuantum lainnya. Ditargetkan untuk Young Adult, tapi minim kisah roman, lebih banyak aksi dan pertemuan dengan banyak Joey.  



4. The Dark Tower Series by Stephen King

Sesuai judulnya, kisah ini adalah tentang sebuah menara yang menjadi tiang tumpuan bagi banyak dunia-dunia di alam semesta. Kemudian ada satu sosok yang berpakaian hitam bermaksud untuk menghancurkan menara tersebut. Mengetahui hal ini, Roland Deschain pun memburunya, sebagai satu-satunya Gunslinger yang tersisa di semesta. Kejar-kejaran antara sosok jahat berbaju hitam dan Roland sudah membuahkan banyak buku dalam semesta Stephen King. Dalam seri ini kita juga akan menjumpai dunia-dunia alternatif yang didatangi Roland dan Pria berbaju hitam tersebut. Di Indonesia, buku ini baru diterbitkan dua volume oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama. Mari kita nantikan kelanjutannya...



5. A Wrinkle in Time Quintet by Madeleine L'Engle

Ayah Meg Murray, seorang fisikawan yang meneliti dimensi ke-5, menghilang berbulan-bulan lalu. Jadi Meg, adiknya, Charles Murray, dan sang ibu, berusaha mengisi kehilangan itu dengan terus menjalankan hidup. Sampai suatu ketika seseorang, yang mereka tahu adalah tetangga mereka yang aneh, datang berkunjung dan mengatakan sesuatu tentang tesseract. Meg dan adiknya yang jenius jadi yakin bahwa ayah mereka masih hidup. Setelah mendatangi tetangga misterius tersebut, mereka pergi ke banyak semesta alternatif dan menemukan bahwa masalah yang mereka hadapi lebih besar dari sekedar penculikan sang ayah. Dan hal itu mengawali segalanya.  

Diterbitkan pertama kali di Indonesia oleh Atria pada tahun 2010 dan terhenti, kini setelah film layar lebarnya ditayangkan, penerbit Mizan Fantasy telah menerbitkan ulang buku ini. Semoga dilanjutkan hingga buku keempat ya. :D



6. Chrestomanci Series by Diana Wynne Jones

Cat dan Gwendolyn Chant menjadi yatim piatu karena keluarga mereka mengalami kecelakaan kapal ferri yang menewaskan kedua orangtua mereka. Cat percaya bahwa mereka bisa selamat karena Gwendolyn bisa melakukan sihir dan dia berpegangan pada Gwen. Setelah diasuh oleh seorang bibi, yang kemudian menyadari bakat sihir Gwen, mereka mencari barang-barang yang bisa dijual untuk menyekolahkan Gwen menjadi penyihir. Sementara itu, Cat yang tidak bisa sihir sama sekali akhirnya belajar main biola. Kabar mengenai bakat sihir Gwen diketahui para tetangga dan mereka berdatangan memujinya serta memberinya banyak hadiah. Sepertinya itu membuat Gwen jadi besar kepala. Apalagi ketika seorang Chrestomanci ingin menampung kedua bersaudara itu tinggal di kastilnya dan mempelajari sihir. Gwen yang haus pujian dan pengakuan atas bakat sihirnya akhirnya mengucapkan mantra yang mengguncang kedua belas semesta lain. Akhir yang juga sangat mengguncang Cat, adik Gwen. 
Gramedia Pustaka Utama pernah menerbitkan serial ini hingga volume 4 dari keseluruhan 7 volume dengan 1 tambahan kumpulan cerpen. Selain itu, Diana Wynne Jones juga menuliskan tentang semesta paralel di beberapa bukunya yang lain. Di Howl's Moving Castle misalnya (sudah diterjemahkan oleh Penerbit Matahati), penyihir Howl berasal dari semesta kita dan dia bisa bepergian antar-semesta lewat pintu-pintu bertuas. Pastinya untuk novel fantasi, aturan banyak semesta ini tidak serumit jika harus dijelaskan secara fisika kuantum :D



7.  Daughter of Smoke and Bone Trilogy by Laini Taylor

Karou tinggal di Praha sebagai mahasiswi jurusan seni, bisa melukis monster-monster yang muncul begitu saja di pikirannya, bisa menggunakan banyak bahasa yang salah satunya bahkan tidak tercatat di mana-mana. Rambut Karou biru sejak lahir.  Dan di kota Praha, mulai muncul tanda telapak hitam di beberapa pintu toko. Salah satu toko tersebut adalah tempat orangtua angkat Karou tinggal dan berdagang. Mereka tentu saja bukan orang biasa. Mereka adalah para iblis yang diceritakan dengan begitu bengis di mitos-mitos agama dunia. Lawan mereka, para malaikat sedang memburu mereka, dalam peperangan panjang dan menyakitkan kedua belah pihak. Karou akan segera terlibat di dalamnya dan dia juga akan segera mengetahui jati dirinya.


Sekilas, novel ini nampak seperti novel YA pada umumnya, dengan malaikat berparas indah dan iblis berwujud mengerikan. Tetapi, Laini Taylor mampu memberi warna berbeda dalam tema ceritanya. Hal yang paling membedakan antara novel ini dan novel malaikat-iblis lainnya, adalah kedua makhluk tersebut tinggal di semesta berbeda dari bumi. Mereka datang lewat torehan antar kedua semesta atau lewat portal magis yang diciptakan para iblis. Dan uniknya lagi, meski bertema iblis-malaikat, sama sekali tidak disinggung konsep-konsep keagamaan yang biasanya menyertai. Iblis dan malaikat yang ada di buku ini hanyalah makhluk lain selayaknya alien di planet lain. Kalimat-kalimat yang dibingkai indah dalam buku ini menambah pesonanya bagi para pembaca fantasi romansa. Ketiga bukunya sudah diterbitkan Gramedia Pustaka Utama lho ;)



8. Chronicles of Narnia by C. S. Lewis

Narnia adalah sebuah dunia di mana pohon-pohon dan hewan-hewannya bisa berbicara seperti manusia. Mereka berukuran lebih besar dari hewan-hewan pada umumnya. Selama beberapa ratus tahun, Narnia diselimuti salju abadi yang ditimbulkan oleh penyihir putih. Anak-anak Pevensie secara kebetulan menemukan dunia ini dibalik lemari pakaian ketika sedang bermain petak umpet di sebuah rumah. Lucy, si bungsu, menemukan Narnia lebih dulu dan berteman baik dengan seekor faun setengah manusia bernama Tumnus. Edmund menyusul kemudian dan bertemu dengan seorang ratu cantik yang menjanjikannya tahta kerajaan. Tentu saja mereka tidak tahu adanya ramalan tentang Narnia, bahwa kedatangan mereka ke sana bukan kebetulan semata melainkan karena sihir takdir yang sudah diramalkan lama berselang oleh Aslan, sang penunjuk arah berwujud Singa besar. Babad Narnia ini sudah difilmkan beberapa kali dan bukunya juga sudah dicetak ulang berkali-kali. Dunia Narnia merupakan semesta lain yang berbeda dari Bumi, dengan Aslan yang mampu menjelajahi semesta-semesta lain dengan sihirnya. Penyihir Putih yang tiran pun terbawa ke Narnia dari semesta lain di mana hanya ada dia seorang yang tersisa. Anak-anak Pevensie yang berasal dari bumi (juga nanti ada sepupu-sepupunya) bisa masuk ke Narnia lewat berbagai portal sihir. Namun, mereka juga tidak bisa begitu saja datang ke Narnia sesuka hati. Jika tidak ada tujuan dan manfaat bagi Narnia, mereka tidak akan bisa masuk. Waktu antara Narnia dan Bumi juga tidak sama, jika kita berada di Narnia selama 1 jam atau 5 tahun, ketika kembali ke Bumi waktunya hanya maju beberapa detik saja. Walaupun buku ini ditargetkan untuk pembaca muda, kita-kita yang sudah 'dewasa' pun bisa ikut menikmatinya. 



9. Wheel of Time by Robert Jordan


Seorang Tuan Kegelapan mengincar seorang remaja laki-laki yang diramalkan menjadi keturunan Cahaya, maka seorang Aes Sedai dan pengawalnya pergi ke sebuah desa kecil untuk merekruitnya sekaligus melindunginya dari Tuan Kegelapan. Tetapi di desa tersebut ada 3 lelaki yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan ramalan, jadi Aes Sedai tersebut membawa ketiganya pergi, berikut seorang gadis yang ingin menjadi Aes Sedai juga. Perjalanan kedewasaan mereka pun dimulai dengan berbagai macam halangan, tantangan, dan ketiga remaja tersebut memasuki takdir yang telah digariskan Roda Waktu. 


Meski plotnya terasa biasa (kegelapan vs cahaya), serial ini begitu kompleks dan melibatkan begitu banyak karakter. Latar belakangnya sendiri merupakan masa depan bumi dan masa lalunya. Kisah Wheel of Time dimulai 3000 tahun setelah masa modern yang disebut Age of Legends berakhir pada peristiwa 'kiamat' yang disebut The Breaking of the World. Karakter-karakter di dalamnya nantinya akan berhubungan dengan Dunia Cermin dimana mereka akan mengunjungi banyak dunia paralel yang saling bersinggungan. Bukankah itu menarik? Awalnya buku ini hanya akan terbit 12 volume, tetapi catatan yang ditinggalkan almarhum Robert Jordan terlalu kompleks sehingga Brandon Sanderson yang dipilih untuk melanjutkan penulisan bukunya mengembangkannya hingga 3 volume. Maka total bukunya hingga selesai berjumlah 14.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar