Rabu, 06 Desember 2017

Kategori dan Ketentuan-ketentuan PNFI Awards 2017



Halo, Penefiers! Sudah tahu dong tiap akhir tahun ada PNFI Awards. Yup, di PNFI Awards 2017 ini kita akan kembali menentukan apa saja novel-novel fantasi terfavorit (terjemahan dan lokal) yang terbit sepanjang Desember 2016 - November 2017.




PNFI Readers' Choice Awards tahun ini akan dibedakan menjadi 2 sesi.

SESI PERTAMA: QUALIFYING ROUND
- Voting dibuka oleh admin dengan memasukkan beberapa judul novel sesuai kategori. Member dapat ikut memasukkan nominasi sesuai kategori yang ada dan harus novel ber-ISBN yang terbit antara Desember 2016 - November 2017.
- Voting ini hanya dilaksanakan di Facebook Group.
- Mulai tanggal 09 Desember 2017 - 23 Desember 2017 (2 minggu).

SESI KEDUA: FINAL ROUND
- Admin mengambil 5 nominasi dengan hasil voting tertinggi untuk sesi ini.
- Voting final akan dilaksanakan di platform lain (untuk membuka kesempatan bagi Penefiers yang tidak tergabung / tidak aktif di Facebook Group).
- Mulai tanggal 27 Desember 2017 - 10 Januari 2018 (2 minggu).
- Pengumuman pemenang tiap kategori pada tanggal 13 Januari 2018.


Berikut adalah kategori dari PNFI Awards 2017.


Best Fantasy Fiction

Definisi genre fantasi sangat luas. Ada yang bilang itu genre dengan latar tempat di dunia fiksional yang tidak berkaitan dengan dunia nyata (high fantasy). Tapi, itu tidak selalu benar. Genre fantasi bisa berlatar dunia nyata (low fantasy) atau campuran keduanya. Ada yang bilang genre fantasi mengeksplorasi kemampuan sihir atau supernatural lengkap dengan makhluk-makhluk ajaib. Kadang kala cerita yang dibangun dari genre fantasi juga mengambil referensi dari mitos dan legenda yang ada di dunia.

Best Fantasy Romance

Fantasy Romance atau sebutan lainnya, Romantic Fantasy adalah genre yang menggabungkan unsur fantasi dengan penceritaan romansa. Umumnya genre ini menonjolkan hubungan percintaan antartokoh di samping petualangan yang fantastis. Kategori ini termasuk juga romance dengan dengan pencampuran fiksi ilmiah dan paranormal.

Best Paranormal & Supernatural Fiction

Genre ini mirip fantasi dan bisa dimasukan ke dalam keluarga besar genre horor dan teror. Tapi tidak semua fiksi paranormal dan supernatural mengandung unsur teror dan tidak semua cerita horor berupa paranormal dan supernatural (seperti horor pembunuhan oleh manusia biasa). Oleh karena itu, genre ini perlu dibedakan dan diberi kategori tersendiri supaya mudah dikenali.

Genre paranormal dan supernatural bisa berupa cerita dengan tokoh adalah makhluk bukan manusia, misalnya para undead, yang memiliki tubuh nyata (vampir, zombi, dan lain-lain) serta yang tak memiliki tubuh nyata (hantu-hantu atau roh-roh). Alien (kehidupan ekstraterestrial), malaikat dan iblis, dan monster lain juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari genre ini.

Cerita dengan tokoh manusia berkekuatan khusus (super power) dapat dimasukan ke dalam genre ini juga. Hal yang menonjol dan penting dari genre ini adalah penyajian cerita seram yang menakutkan dan mencekam daripada petualangan seru yang disajikan fantasi pada umumnya. Tapi ingat, genre bisa digabung-gabungkan sehingga jangan heran bila ada cerita yang dapat dimasukan ke dalam berbagai genre sekaligus.

Best Science Fiction

Fiksi ilmiah sekilas sama dengan genre fantasi karena sama-sama mengandalkan daya imajinasi tinggi dan bagian dari fiksi spekulatif. Tapi, fiksi ilmiah memaparkan cerita dengan landasan yang lebih nyata atau ilmiah serta berkaitan dengan suatu keilmuan tertentu, seperti teknologi, eksakta, dan ilmu-ilmu sosial. Tema-tema yang dipakai dalam fiksi ilmiah bisa berupa teknologi canggih juga futuristik, penjelajahan ruang dan waktu, kehidupan ekstraterestrial, sampai pada masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan sosial.

Best Dystopian Fiction

Distopia dipakai untuk menyatakan suatu keadaan, masa, dan tempat yang tidak baik atau kehidupan masyarakat yang tidak diinginkan dan merugikan. Saat ini, fiksi distopia semakin populer di kalangan dewasa muda. Terbukti dari kemunculan banyak fiksi distopia yang menjadikan para remaja hingga dewasa muda sebagai target pembaca.

Dunia distopia sering ditampilkan dengan dehumanisasi, pemerintah totaliter, atau sisa-sisa peradaban setelah suatu bencana (kiamat). Cerita distopia pun sering dibangun oleh penulis untuk mengangkat dan menarik perhatian pembaca terhadap isu-isu tertentu. Beberapa fiksi distopia disajikan dengan cara yang mirip fiksi ilmiah dan pencampuran dengan fiksi fantasi.

Best Indonesia Fantasy Fiction

Indonesia sendiri juga punya penulis-penulis yang menghasilkan karya bergenre fantasi, paranormal dan supernatural, fiksi ilmiah, hingga fantasy romance. Untuk mengapresiasi novel fantasi dalam negeri, dibuatlah kategori khusus, Best Indonesia Fantasy Fiction. Nominasinya tentu saja adalah novel fantasi dan sejenisnya yang berasal dari penulis Indonesia.

Cover of the Year

Sampul buku bagi beberapa orang adalah poin tambahan dalam menarik minat beli buku. Kesan pertama yang ditampilkan sampul buku kadang bisa menghipnotis seseorang untuk membelinya. Maka jangan heran bisa banyak buku dibuat dengan tampilan yang memukau dan fantastis. Untuk menghargai usaha ekstra dalam memberikan wajah terbaik bagi sebuah buku, PNFI membuat kategori Cover of the Year.

Cover of the Year - Indonesia Fiction

Kita sudah lihat Cover of the Year buku-buku terjemahan. Nah, ada juga Cover of the Year untuk buku-buku penulis Indonesia. Semuanya tak kalah cakep!

Book(s) of the Year

Bagi Penefiers yang bingung buku atau seri apa yang paling bikin heboh dalam setahun, Penfi menyediakan kategori Book(s) of the Year! Kira-kira buku apa yang akan menjadi juara tahun ini?

Author of the Year

PNFI Awards juga ada kategori khusus penulis lho, namanya Author of the Year! Jangan lupa beri suara untuk penulis favoritmu!

Favorite Book Contributor (Kategori Baru!)

Sebuah buku terjemahan tidak akan tersajikan tanpa usaha dari seorang penerjemah. Proses penyuntingan dan penyelarasan akhir juga penting demi menjaga kualitas sebuah buku, sehingga kita tidak bisa melupakan keberadaan penyunting dan pemeriksa aksara. Tampilan luar dan dalam buku juga tidak luput dari proses panjang penerbitan buku, maka muncul peran penting pewajah sampul dan pengatak.

Kontribusi dari berbagai orang inilah, pembaca dapat lebih menikmati buku dari luar maupun dalam. Semoga dengan adanya kategori baru ini, kita dapat lebih mengenal dan menghargai para kontributor dalam penerbitan buku, terutama fiksi fantasi dan kawan-kawannya.

Favorite Self-published Book (Kategori Baru!)

Selain diterbitkan oleh penerbit-penerbit mayor, banyak penulis juga menerbitkan bukunya sendiri melalui jalur self-published. Namun, tidak semua orang tahu buku-buku self-published tersebut ada. Ada juga yang meragukan kualitas cerita dari novel self-published karena memiliki pengalaman buruk dengan novel tertentu.

Tapi jangan salah, beberapa buku tersebut ternyata tidak kalah hebat dari buku yang diterbitkan penerbit besar dan pantas menjadi sorotan. Mulai tahun ini PNFI mencoba merangkum buku self-published khusus genre fantasi dan kawan-kawannya (yang memiliki ISBN), sekaligus menyediakan kategori khusus di PNFI Awards. Semoga semakin banyak pembaca yang mengenal novel self-published dan penulis juga termotivasi menghasilkan karya-karya yang lebih bagus.

Favorite Book Adaptation Movie

Bukan hal baru lagi kalau ada buku-buku yang diadaptasi menjadi film. Bagi beberapa orang yang kurang memiliki minat baca, film adaptasi dapat menjadi alternatif untuk menikmati buku secara visual. Sudahkah Penefiers nonton film adaptasi pemenang-pemenang sebelumnya? Penfi penasaran, film apa yang akan jadi pemenang tahun ini. Berdasarkan PNFI Awards terdahulu, saingan di kategori ini ketat banget lho! seketat dompet Penfi di akhir bulan.
***

Jangan lupa ikutan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar