Rabu, 01 November 2017

Booklicious November!

Ayo sambut bulan November dengan buku-buku berikut ini!




1. Fablehaven by Brandon Mull

IG @chochientaaa
Kalian pikir peri itu cuma cerita anak-anak? Naga itu mitos? Faun dan Satyr cuma ada di dongeng-dongeng Yunani-Romawi? Mungkin kalian perlu berkunjung ke Suaka Fablehaven. Err.. jauh sih ada di Amerika Serikat. Tapi ada alternatif lain, kamu bisa baca 5 buku Fablehaven tentang petualangan Seth dan Kendra, kakak-adik Sorenson, yang ternyata adalah pewaris dari Suaka Magis ini. Bukan berarti mereka tahu dari awal juga kalau mereka adalah penjaga selanjutnya. Suaka tersebut awalnya dijaga oleh kakek-nenek Seth dan Kendra, sampai suatu ketika sesuatu terjadi dan kakek Sorenson diculik. Satu hal berlanjut ke hal lainnya, ada yang mau mengambil alih kontrak suaka dan berniat melepaskan makhluk magis ke luar suaka. Itu gawat! Nah, bagi kalian yang menyukai makhluk-makhluk dalam mitos, Fablehaven bisa membantu memuaskan keinginan kalian ;)


2. The Sea of Trolls by Nancy Farmer

Dark Fantasy untuk pembaca anak-anak dan remaja dengan tema mythopeia, mengambil kisah-kisah
mitos Norse dan diolah ulang untuk mengisahkan petualangan Jack Crookleg. Jack tinggal di desa kecil bersama adiknya Lucy. Secara berkala mereka mendengar adanya perampok Viking yang sering menjarah desa jadi Jack belajar sedikit sihir dari seorang Skald (penyanyi puisi) untuk melindungi desa. Tapi ada yang salah, Jack dan Lucy terciduk perampok Viking saat sedang bersembunyi dan mereka pun dibawa ke desa asal para Viking untuk dijual sebagai budak. Sementara Lucy, yang cantik dan imut, hendak dipersembahkan pada ratu Frith, yang merupakan separuh troll, sebagai hadiah. Jack hendak menyelamatkan Lucy, tapi entah bagaimana malah melepaskan babi yang tadinya akan dipersembahkan pada dewi Freyja dan sekaligus membuat rambut Frith botak. Ratu tiran itu kemudian memerintahkan Jack mengembalikan rambutnya sebagai imbalan kebebasan Lucy dan dirinya. Maka Jack pun pergi ke wilayah Jotunheim untuk mencari air sumur Mimir. Buku ini pernah diterbitkan di sini namun tidak dilanjutkan. Berupa trilogy, buku Sea of Trolls menggali tanah-tanah bersihir penuh makhluk yang hanya ada dalam mitos.


3. The Secret of Immortal Nicholas Flamel by Michael Scott

Mandy
Serial ini sudah bulak-balik direkomendasikan Penfi dan bukunya pun kini sudah langka (diterjemahkan dan diterbitkan lengkap 6 buku). Ada banyak makhluk mitos di dalamnya dari berbagai benua dan digodok hingga menjadi satu kisah baru yang saling berkaitan. Sophie dan Josh Newman tadinya hidup biasa-biasa saja, dan mereka bekerja paruh waktu di toko buku pada libur musim panas. Ternyata toko buku tersebut dimiliki oleh Nicholas Flamel, seorang ahli alkemi yang seharusnya hidup berabad-abad lalu tapi masih tampak muda hingga sekarang. Tentu saja itu bukan kebetulan karena Nicholas nantinya akan menyelamatkan kedua anak tersebut dari kejaran John Dee (yang juga seharusnya sudah meninggal berabad-abad lalu). Sophie dan Josh pun dibawa ke suatu tempat aman dan Nicholas memberitahu bahwa mereka kemungkinan adalah anak-anak yang sudah diramalkan ribuan tahun yang lalu. Hidup si kembar Sophie dan Josh kini berputar pada manusia abadi seperti Nicholas Flamel, John Dee, dan lainnya. Ada sekelompok Tetua jahat yang ingin kembali menguasai dunia dan mereka tidak mau ada yang merintangi, karena itulah Sophie dan Josh diburu. Jadi untuk bertahan hidup, mereka berdua harus mendapat sihir yang dibangkitkan oleh para Tetua, yang tak lain adalah para dewa-dewi dari kisah-kisah mitos dunia. Tanpa tahu hal tersebut malah mengaktifkan ramalan kuno. Kini roda dunia pun bergulir.


4. Seven Wonders series by Peter Lerangis


Yang ini mirip-mirip petualangan Percy Jackson dengan mengambil tema mitologi Yunani. Namun anehnya nggak sepopuler Percy Jackson (di sini). Tokohnya di sini bernama Jack McKinley dan dia baru saja divonis mati dalam waktu 6 bulan. Lalu tahu-tahu Jack diculik dan bangun di sebuah pulau terpencil di dalam gedung yang terasa seperti organisasi tersembunyi bersama dengan 3 orang remaja lain yang juga sedang sekarat. Organisasi misterius itu berjanji akan menyelamatkan hidupnya dengan 1 syarat: mereka berempat harus mengambil 7 artefak sihir yang disebut Loculi. Jadilah mereka berempat keliling dunia mencari harta di reruntuhan sisa-sisa peninggalan negeri kuno seperti layaknya Indiana Jones. Tapi bukan mereka saja yang ingin mengambil artefak-artefak tersebut. Organisasi punya musuh yang disebut Massa dan mereka bisa menghidupkan kembali makhluk-makhluk mitos seperti Harpy dan Gryffin. Yang paling asik di novel ini, kepribadian ke4 remaja tersebut sangat berbeda satu sama lain, dengan keunikan masing-masing. Kalau kalian suka kisah-kisah mitologi Yunani, seharusnya buku ini bisa jadi rekomendasi yang bagus. Sayangnya di sini hanya terbit 1 buku saja (total ada 5 buku). Tapi siapa tahu dilanjutkan kalau banyak permintaan ;)


5. Kane Chronicles by Rick Riordan

Masih satu dunia dengan Percy Jackson hanya beda kota, Sadie dan Carter Kane punya masalahnya sendiri. Mereka ternyata adalah keturunan dari 2 firaun ternama pada zaman dahulu dan memiliki bakat sihir yang besar. Petualangan mereka bermula ketika sang ayah menghilang dan paman mereka Amos menampung mereka lalu memberitahu semua tentang sejarah keluarga. Termasuk sihir dan dewa-dewi Mesir yang masih wara-wiri di dunia manusia. Mereka pun menjadi wadah bagi roh Isis dan Horus, dua dewa kuat dalam mitologi Mesir. Tapi itu membuat mereka dikejar-kejar dewan penyihir yang mengatur hukum dan keteraturan kekuatan dewa, disebut House of Life. Pada saat itu, si kembar mengetahui bahwa Set, salah satu dewa terkuat juga sekaligus merupakan dewa kekacauan, berencana mengambil alih kontrol dunia. Maka mereka pun berkelana untuk menghentikan Set dan kroni-kroninya, tanpa tahu bahwa ada satu kekuatan besar lain yang mengancam. Kalau kalian suka cerita Percy Jackson, maka yang satu ini juga pastinya nggak boleh ketinggalan. 


Bagaimana? Tertarik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar