Kamis, 05 Oktober 2017

Blade Runner - Ketika Android Lebih Manusia Daripada Manusia

Los Angeles, 2019

Blade Runner adalah film adaptasi tahun 1982 dari novel sains fiksi Do Androids Dream of Electric Sheep? karya Philip K. Dick disutradarai oleh Ridley Scott yang terkenal lewat serial film Alien dan diperankan oleh Harrison Ford yang pada saat itu sedang naik daun lewat film Star Wars dan Indiana Jones





Berlatar belakang pada masa depan di era distopia Los Angeles, ketika sebuah perusahaan besar bernama Tyrell Corporation menciptakan robot android versi Nexus-6 yang mirip sekali dengan manusia namun tanpa empati atau perasaan emosional dan memiliki kekuatan fisik yang jauh melebihi manusia biasa. Para android ini disebut replicants (replika) dan diciptakan untuk bekerja di planet lain yang sudah dikoloni orang-orang Bumi. Namun para Replika memberontak, mereka membunuh manusia, dan kabur dari planet koloni kembali ke bumi. Untuk mengejar para replika pembunuh ini, satuan unit khusus dari kepolisian disebut Blade Runner ditugaskan untuk menangkap mereka. Rick Deckard yang sedang setengah-cuti pun ikut dipanggil untuk kembali menjadi Blade Runner dan memburu para replika pemberontak. Sementara itu ada beberapa Replika yang merasa diri mereka manusia karena pada saat diproduksi mereka diberikan unduhan memori orang lain agar bisa merasakan sedikit "bantalan emosi". Ketika kisah tersus bergulir, rahasia-rahasia terungkap, identitas diri dipertanyakan, film Blade runner mencapai kesuksesannya sebagai film cult film (fanbase besar yang setia) dan menjadi film neo-noir (teknik sinematik yang gelap dan misterius) yang dipuji hingga kini.


versi novel grafis

Novel Do Androids Dream of Electric Sheep diterbitkan pertama kali pada tahun 1968 oleh Philip K. Dick, mengisahkan bumi yang berada di ambang kehancuran setelah perang nuklir di tahun 1992 (edisi terbaru disesuaikan menjadi 2021) disebut World War Terminus, di mana binatang hampir punah sehingga memiliki peliharaan binatang pada saat itu menjadi lambang status sosial dan empati (membedakan antara manusia dan android) dan mendorong munculnya agama baru berbasis teknologi disebut Mercerisme. Orang-orang miskin hanya mampu membeli peliharaan robot. Di buku juga disebutkan adanya obat yang dapat merubah mood disebut Penfield Mood Organs. Obat ini bisa mempengaruhi mood seseorang apapun kondisi emosi yang diinginkan, seperti misalnya mood untuk jalan-jalan ke kota atau mood untuk baca buku seharian, dan-lain-lain.

Sama seperti di film, bukunya juga menceritakan dari sudut pandang Rick Deckard yang bertugas memburu para Replika pemberontak sebagai bagian dari unit Blade Runner, walau dia sebenarnya hanyalah pemburu bayaran yang bekerja untuk uang. Tujuan awalnya adalah agar Deckard memiliki cukup uang untuk membeli peliharaan sungguhan menggantikan peliharaan robotnya dengan harapan peliharan baru itu dapat mengusir rasa kesepian dirinya dan membantu istrinya yang depresi. Deckard diminta untuk "mempensiunkan" para replika yang dia temui. Saat memburu para replika dan mengalami kejadian membingungkan, Deckard dipaksa untuk berpikir tentang intelijensia para android, kemampuan mereka berempati, dan apa artinya menjadi manusia. Dia bahkan mulai mempertanyakan identitas dirinya dan orang-orang sektiarnya, manakah yang manusia, manakah yang robot. Pertanyaan-pertanyaan berbau filosofi dan etika pun semakin mencuat. Jika seandainya dunia kita sekarang dipenuhi android seperti nexus-6, apa yang akan kalian perbuat? Apakah kalian yakin, kalian bukan android dengan ingatan yang diunduh ke dalam prosesor kalian?



Anyhoo, film Blade Runner yang sukses di tahun 1982 ikut mengangkat nama Philip K. Dick dan berbagai novelnya diadaptasi ke layar lebar juga. Novel Do Androids Dream of Electric Sheep dibuatkan sekuelnya dengan judul: The Edge of Human (1995), Replicant Night (1996), dan Eye and Talon (2000). Tapi sekuel ini ditulis oleh kawan Dick, K. W. Jeter. Novel-novel maupun cerpen Philip K. Dick lain yang diadaptasi ke film dan menjadi populer seperti Total Recall, Next, Paycheck, Minority Report, dll.   

Sekuel film Blade Runner berjudul Blade Runner 2049 disutradarai oleh Denis Villenueve dan dijadwalkan tayang bulan Oktober 2017 dengan Ryan Gosling sebagai Officer K, seorang petugas Blade Runner yang baru ketika dia menemukan rahasia yang akan menjungkirbalikkan sisa-sisa tatanan dunia yang sekarat. Harrison Ford juga akan kembali muncul dalam film ini sebagai Rick Deckard. Berikut adalah sebagian foto-foto adegan filmnya berikut trailernya. Enjoy, and lets dream.






dan trailernya...





Catatan: Buku ini menjadi salah satu buku klasik fiksi ilmiah yang wajib baca Penfi beberapa waktu lalu. Kamu bisa cek buku-buku lain di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar