Rabu, 26 Juli 2017

Novel-novel bagi Para Penyihir Muda


Setelah kesuksesan Harry Potter dan sekolah sihirnya Hogwarts (yang sangat keren itu). Banyak penulis yang mulai terinspirasi untuk membuat kisah yang sama. Yaitu anak-anak dengan kemampuan sihir dan harus masuk ke sekolah sihir untuk memoles bakat mereka. Nah, kalau kamu mau tahu buku-buku untuk para penyihir muda ini, scroll ke bawah aja ;)




1. Charlie Bone series by Jenny Nimmo


Charlie Bone tinggal di sebuah rumah bersama ibunya, neneknya, dan pamannya. Ayahnya diberitakan telah meninggal dalam sebuah kecelakaan fatal meskipun jasadnya tidak pernah ditemukan. Suatu ketika, Charlie menemukan bahwa dia bisa mendengar suara-suara dari dalam foto. Sehingga neneknya yang ketus dan tidak ramah, memasukkan Charlie ke Akademi Bloor, tempat elit khusus bagi anak-anak berbakat. Sihir dalam dunia Charlie Bone tidak semegah dalam Harry Potter, masing-masing anak memiliki satu bakat tertentu yang harus diasah agar kemampuan tersebut bisa berkembang. Seiring pengalaman Charlie dalam Akademi Bloor, dia pun menemukan tentang sebuah ramalan kuno mengenai Raja Merah, sang pemilik sihir terkuat. Charlie terlibat semakin dalam dengan ramalan tersebut.

Ufuk Publishing pernah menerbitkan Charlie Bone hingga seri ke-3:



2. Magic Thief series by Sarah Phineas


Berlatar belakang di dunia alternatif yang memiliki sihir (disebut kota Wellmet), hiduplah Conn yang yatim piatu dan gelandangan. Untuk menyambung hidupnya, Conn bekerja sebagai pencopet yang handal. Ketika Conn mencopet dari seorang pria bernama Nevery, Conn hanya mendapatkan batu bersinar yang dia tahu berisi sihir. Seharusnya tidak ada orang biasa yang sanggup menyentuh batu tersebut, jadi fakta bahwa Conn bisa menyentuhnya, membuat Nevery yang merupakan seorang penyihir, tertarik pada anak tersebut dan mengangkatnya menjadi murid. Nah, kota Wellmet merupakan kota yang berbasis kerajaan. Dulu, sihir berkeliaran bebas dan jumlahnya banyak. Tapi sekarang ada seseorang atau sesuatu yang mengurangi jumlah sihir. Saat gurunya menyelidiki kasus ini, Conn yang masih kecil dan berbakat, jadi ikut terlibat.

Penerbit Bhuana Ilmu populer hanya menerbitkan 3 buku dari total 4 buku. Buku sampingannya 'A Proper Wizard' merupakan cerita pendek yang terjadi setelah kejadian di buku ke-3 dan sebelum buku ke-4 dimulai. Sampul yang diterbitkan di Indonesia oleh BIP mengikuti sampul aslinya.



3. Septimus Heap series by Angie Sage


Serial ini mungkin yang paling mirip dengan Harry Potter. Mengangkat kisah seorang putra ketujuh dari putra ketujuh yang dikabarkan memiliki ilmu sihir alami bernama Septimus Heap. Hanya saja dia sengaja dicuri oleh bidan yang membantu persalinannya dan dimasukkan ke dalam camp prajurit khusus anak-anak yatim piatu. Saat itu Septimus hanya diberi nama berdasarkan nomor kode. Sementara itu sang bidan mengatakan pada orangtua Heap bahwa anak mereka telah meninggal. Pada malam yang sama, Silas Heap menemukan bundelan bayi perempuan di pinggir jalan. Jadi dia mengambil bayi tersebut untuk menggantikan Septimus. Dunia dalam kisah Septimus merupakan kerajaan dimana sihir menjadi salah satu pedoman hukum bagi rakyatnya. Banyak juga binatang-binatang magis di sini yang membantu juga merusak kehidupan para petani dan peternak. Terdapat sebuah sekolah sihir yang dikepalai Penyihir Luar Biasa, dengan sihir yang saling berkelindan sehingga membentuk sebuah mantra dengan nama harafiah, misalnya seperti 'Menemukan' atau 'Mengidentifikasi'. Sangat aman dibaca untuk anak-anak.

Penerbit Matahati menerbitkan buku ini hingga seri ke-5 sebelum dilanjutkan oleh Mizan Publishing hingga selesai. Sampul bukunya sama dengan sampul asli.



4. Erec Rex series by Kaza Kingsley


Erec Rex tinggal bersama kelima saudara angkat dan ibunya di sebuah apartemen kecil. Saking kecilnya apartemen tersebut, Erec harus tidur di dekat mesin cuci. Beranjak umur 12 tahun Erec mulai mendengar suara-suara aneh. Sebelum memutuskan apakah dia jadi gila atau tidak, ibunya menghilang dan suara tersebut menyuruhnya mencari. Akhirnya Erec pun mendapati dirinya tersandung ke sebuah dunia lain, dunia yang disembunyikan dari mata manusia biasa karena mengandung sihir yang menakjubkan disebut Alypium. Setelah terus menyelidiki keberadaan ibunya, Erec menemukan beberapa rahasia yang termasuk bahwa dirinya memiliki sihir. Dan dia harus berusaha menyelamatkan kerajaan Alypium dari kekuatan jahat sekaligus mengambil kembali ibunya.

Gramedia Pustaka Utama hanya menerbitkan 3 dari total 5 buku serial ini:



5. The Young Merlin Trilogy by Jane Yolen


Seorang bocah berumur 8 tahun tak bernama ditinggalkan di hutan. Sendirian, bocah tersebut hidup seperti hewan liar hingga suatu hari seorang pelatih elang memungutnya dan mulai mengajari hal-hal selayaknya manusia. Bocah tersebut kini ingat namanya dan dia ingat pada kemampuannya menyihir. Kisah ini diambil pada masa kecil Merlin ketika dia bukan siapa-siapa hingga nantinya akan menjadi seorang penyihir hebat yang berpengaruh besar terhadap sejarah Inggris. 

Serambi menerbitkan novel ini dengan lengkap:
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar