Kamis, 20 Juli 2017

Mari Kita Tengok Mortal Engines by Philip Reeve


Mortal Engines yang merupakan buku pertama dari kwartet Hungry City Chronicles memiliki latar belakang dunia pada zaman Traction. Bumi mengalami kehancuran besar dalam sebuah konflik besar yang disebut Perang 60 Menit. Pada zaman baru ini, tidak ada lagi batas-batas negara, kecuali di wilayah anti-Traction berupa kota-kota yang dibangun di atas tank raksasa (seperti gambar di atas) dan dapat berpindah tempat. Kota-kota Traction ini saling memangsa satu sama lain dengan rahang besar untuk mendapatkan bahan baku makanan, sparepart, bahan bakar, atau lainnya. Perdagangan biasanya dilakukan lewat kapal udara. Komoditi yang diincar adalah 'teknologi lama' yang merupakan sisa-sisa peradaban modern pada abad 21.



Kisahnya dibuka pada seorang remaja berumur 15 tahun bernama Tom Natsworthy yang merupakan yatim piatu dan murid kelas 3 dari Guild of Historian. Pada saat itu London tengah mengejar kota kecil untuk dimakan ke wilayah perburuan yang dulunya bernama Eropa. Tadinya Tom sedang menjaga proses peleburan kota kecil yang dimakan London agar barang-barang bernilai sejarah tidak ikut terbakar, ketika guru yang diidolakannya, Valentine, muncul. Tom senang dengan kehadiran Valentine apalagi karena putri Valentine yang cantik, Katherine. Tapi seorang warga dari kota kecil hendak membunuh Valentine, dan Tom menghalanginya. Pada saat itu Tom menyadari bekas luka di wajah sang penyerang dan orang itu menuduh Valentine sebagai pelakunya sebelum terjun ke luar kota dengan parasut. Beberapa menit setelahnya, Tom mendapati dirinya juga ikut terjun ke luar mengejar si penyerang. Kisah selanjutnya menunjukkan terdapat konspirasi besar di dalam kota London dan Tom terlibat di dalamnya.


London by Eleth89

Philip Reeve mendapat ide menulis novel ini ketika mendengar keluhan orang-orang bahwa pertumbuhan kota besar justru malah mengkonsumsi kota-kota kecil. Awalnya Philip Reeve adalah seorang ilustrator sehingga dia butuh waktu 6 tahun untuk menyelesaikan novel ini.

The Hungry City Chronicles terdiri dari 4 buku, dan belum diterjemahkan di sini.

Peter Jackson telah mengambil alih hak perfilman untuk novel ini, melibatkan penulisnya sendiri dan diperkirakan akan tayang tahun depan, 2018. Robert Sheehan, aktor yang pernah menjadi Simon dalam film The Mortal Instruments (2013) didapuk memerankan Tom. Dia akan bersanding dengan Hugo Weaving yang akan memerankan Valentine. Saat ini sedang proses pengambilan film di New Zealand. Ini penampakannya:

Kalau kalian suka kisah-kisah bertema pasca kiamat, scifi dengan gaya steampunk, mungkin kalian akan suka novel kwartet ini.

2 komentar: