[AUTHOR] Jonathan Stroud

Halo Penefiers, sudah lama sepertinya tidak ada postingan baru di blog ini karena satu dan lain hal. Karena itu, dalam rangka menghidupkan kembali blog ini, maka postingan Author of The Month untuk November 2015 yang telah diposting di grup FB PNFI akan disalin-rekatkan di sini. Dan.. Author of the Month kali ini adalah.. 

Jreng jreng..

Jonathan Stroud


Jonathan Anthony Stroud lahir pada tanggal 27 Oktober 1970 di Bedford, Inggris. Si om ini mulai menulis sejak kecil, suka baca buku, menggambar juga. Sekitar umur 7 – 9 tahun, beliau sering banget dirawat di RS atau bedrest di rumah, karena sakit (ga dapat info juga sakitnya apa). Nah, buat killing time, beliau makin rajin baca buku. Setelah tamat kuliah sastra inggris di Universitas York, beliau bekerja di London sebagai Editor. Dan sejak tahun 1990an, beliau mulai menulis dan menerbitkan karya-karyanya, yang sukses besar.

Ini dia daftar hasil kerja keras beliau :
• Justin Credible’s Word Play World (1994)
• The Viking Saga of Harri Bristlebeard (1997)
• The Hare and the Tortoise (1998)
• Walking through the Jungle (1998)
• The Little Red Car (1999)
• Alfie’s Big Adventure (1999)
• Buried Fire (1999)
• Little Spike and Long Tail (2000)
• Goldilocks and the Three Bears (2000)
• Ancient Rome: A Guide to the Glory of Imperial Rome (2000)
 The Leap (2001) : sudah diterjemahkan di Indonesia
 The Last Siege (2003) : sudah diterjemahkan di Indonesia
• The Lost Treasure of Captain Blood (2006)
• Life and Times in Ancient Rome (2008)
 Heroes of the Valley (2009) : sudah diterjemahkan di Indonesia
• The Ghost of Shadow Vale (2009)
Bartimaeus Sequence : semuanya sudah diterjemahkan di Indonesia
 The Amulet of Samarkand (2003)
 The Golem's Eye (2004) : Mata Golem
 Ptolemy's Gate (2005) : Gerbang Ptolemy
 The Ring of Solomon (2010) : Cincin Solomon
Lockwood & Co.
 The Screaming Staircase (2013) : Undakan Menjerit
 The Whispering Skull (2014) : Tengkorak Berbisik
• The Hollow Boy (2015) : sudah diterjemahkan di Indonesia.

Om Stroud sudah menikah, dengan seorang wanita bernama Gina, dan dikaruniai tiga anak, Isabelle, Arthur, dan Louis yang masih bayi. Sekarang, masih disibukkan dengan petualangan trio Anthony, Lucy, dan George dalam seri Lockwood n Co, sekaligus promo di berbagai kota di Inggris dan Amerika. Di Indonesia sendiri sudah ada komunitas pecinta buku-buku karya beliau.
So, mari rajin membaca dan menulis sedari dini..siapa tau bakal sekece om Stroud.. Yang jelas, ga sabar nunggu buku ketiga seri Lockwood n Co diterjemahkan..Must be nailbitting..^^

Berikut akan sedikit dibahas karya-karya om Stroud yang sudah diterjemahkan di Indonesia.
  • The Leap

Buku ini merupakan buku om Stroud yang terasa lebih gelap, lebih sedih, dan sepertinya kurang cocok untuk anak-anak karena atmosfer depresi(?) yang kental.  Novel ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Charlie yang berusaha 'mengejar' dan 'menyelamatkan' Max, sahabatnya yang menurut keyakinan Charlie diculik ke dunia lain.. Sebuah petualangan yang tidak seperti petualangan, disebut sebagai suatu kejadian psikologis yang 'kelam'.. Yah, mungkin bikin penasaran.. Silakan dibaca bagi PNFIers sekalian yang tertarik, ohohoho..
  • The Last Siege

Buku ini bercerita tentang tiga orang remaja bernama Emily, Simon, dan Marcus yang melakukan petualangan kecil di bangunan mirip kastil tua bersalju..ceritanya lebih ke petualangan. Tidak ada hal magis dalam plotnya, akan tetapi entah kenapa tetap menggugah perasaan setelah membacanya. Buku ini lebih menekankan pada aspek seperti ikatan keluarga dan pertemanan. It's a worthy reading.. Meskipun mungkin agak bosan sedikit di tengah-tengah buku.. :p
  • Heroes of the Valley

Heroes of The Valley yang diterbitkan dengan judul Sang Pahlawan dalam edisi Indonesia, menceritakan seorang remaja bernama Halli Stevenson dalam petualangannya melawan makhluk-makhluk misterius yang menjadi momok di desanya. Halli terkesan diabaikan dan diremehkan karena ukuran tubuh yang kecil dibandingkan remaja lelaki lainnya. Novel ini adventurous banget, lebih menitikberatkan pada pembuktian diri si Halli, sehingga mencapai gelar sang Pahlawan itu sendiri.
  • Bartimaeus Sequence

Ini adalah seri Bartimaeus yang terkenal itu.. Keempatnya udah diterjemahkan di Indonesia, bahkan sudah dicetak ulang..(ini adalah cover lama..). Untuk penampakan Bartimaeus trilogi dengan cover baru adalah seperti ini..

Bartimaeus trilogi (Amulet Samarkand - Mata Golem - Gerbang Ptolemy) menceritakan petualangan sesosok Jin jahil bernama Bartimaeus, Shakr Al-Jinni, yang dipanggil oleh seorang penyihir muda belia bernama Nathaniel.. Bartimaeus akhirnya terlibat dalam petualangan berbahaya sekaligus intrik politik, ditambah persahabatan tidak biasa antara dia dan sang majikan.. Dengan adanya guyonan sarkastis dari Bartimaeus, trilogi ini sangat heart-catching banget buat para penggemar fantasi, meskipun ada sesuatu dan lain hal dalam ceritanya yang bikin kita bakal banting kulkas (silakan baca, takut spoiler).

Selanjutnya adalah Cincin Solomon, yang merupakan cerita di masa lalu Bartimaeus, jauh sebelum masa dia kerja bareng sama Nathaniel, berlokasi di Timur Tengah, dan melibatkan kekuasaan seorang Raja bernama Solomon, seorang pembunuh bayaran, dan tentu saja cincin sakti yang katanya bisa dipakai untuk memanggil dan menguasai hampir seluruh jenis jin di dunia.. Intinya..a must read.. ^^
  • Lockwood & Co.

Naaaahhhh..ini dia seri Lockwood & Co.. Masih tiga buku sih yang nongol di sini.. Dan yang di atas adalah cover versi Amerika Serikat. Untuk cover versi Indonesia seperti ini.

Lockwood & Co. menceritakan mengenai wabah hantu yang melanda Inggris, awalnya kenapa juga masih belom jelas.. Hal ini menyebabkan banyaknya berdiri agensi penangkap hantu yang terdiri dari anak-anak dan remaja, yang masih memiliki kepekaan indera terhadap hantu.
Yang kece di seri ini adalah deskripsi hantunya yang begitu detail dan bikin merinding (admin yang baca ngerasa gitu sih..ga lebay..), dan judul-judulnya yang keren.. Belum lagi ikatan mitra kerja/persahabatan/percikan romansa (?) antara Anthony Lockwood (si ganteng pemilik agensi), Lucy (satu-satunya cewek disini, yang paling 'peka hantu' sepertinya), dan George (donaattt..)
Mereka hatus memecahkan kasus dan membasmi hantu yang berbeda di tiap seri bukunya, dengan tingkat misteri dan kesulitan yang bervariasi pula.. Belum lama ini juga dirilis semacam short story berjudul "The Dagger In The Desk", tentang pembasmian hantu oleh geng ini di sebuah sekolah.
Spooky..scary..but really entertaining, hehehe. Pilihan luar biasa menggoda bagi pecinta novel fantasi dengan genre horror dan adventure.. Pokoknya awesome lah ya..ihihihihi..^^

Demikian pembahasan singkat mengenai om Stroud dan karya-karyanya yang telah terbit di Indonesia. Semoga Penefiers yang belum pernah membaca karya-karya om Stroud jadi penasaran ya :V


Courtesy : Wikipedia, jonathanstroud.com


Komentar