Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Reading Slump

Ini sebenarnya biasa dan bisa terjadi pada siapa saja. Setelah selesai membaca buku-buku keren dan kembali pada kehidupan biasanya kita jadi merasa hampa karena dunia nyata begitu monochrome. Atau bisa juga terjadi setelah membaca buku-buku yang bikin selera membaca jadi lenyap. Akibatnya, kita jadi malas membaca buku lagi dan malah ada yang sampe stres begitu melihat timbunan buku yang menjulang. Istilahnya: Reading Slump

No worries penefiers, Penfi punya solusinya. Tinggalkan saja buku-buku itu untuk sementara dan mari menyegarkan pikiran dengan cara-cara berikut:


1. Berkebun

Dedaunan hijau dan bunga-bungaan (atau sayuran) bisa mengendurkan otot-otot tegang selepas membaca buku-buku baik yang epik maupun yang non-epik. Rutinitas mencacah tanah, menanam benih, dan menyiram air pun jadi solusi yang tepat untuk menyenangkan para peri (jangan lupa kasih madu) dan melupakan invasi zombie barang sejenak (toh mereka jalannya lelet).

Trivia: Roald Dahl - penulis Matilda, The BFG, Charlie & The Chocolate Factory, dan banyak lagi - juga suka berkebun lho. Kebun favoritnya dibuka untuk dijadikan tempat wisata sejak tahun 2009 (cek beritanya di sini).  


2.  Memancing


Beberapa orang mencari ketenangan dengan memancing. Konon, penantian berjam-jam agar seekor ikan mengambil umpan dari pancingan sangat menenangkan. Tidak penting apakah ikannya akan terpancing atau tidak. Kalian juga bisa ikut coba memancing, tapi hati-hati pada mermaid dan siren. Kalau beruntung, kalian bisa memancing cinta yang hilang
V( ^ 3 ^)V 

Trivia: Ernest Hemingway - penulis kondang yang bukunya kerap mendapat penghargaan - sangat menyukai memancing sampai-sampai dia menuliskannya dalam buku The Old Man and the Sea.


3. Fotografi


Bisa jadi ini salah satu hobi yang mahal karena untuk mengambil gambar kualitas High Definition, kalian butuh kamera canggih, lensa A-B-C yang harganya jutaan, dan pastinya butuh skill memadai juga. Ah tapi kalau memang suka pasti ada saja caranya. Kalian bisa menggunakan kamera dari telpon pintar kalian yang banyak fitur filternya, atau kalian bisa membuat kamera rakitan sendiri yang disebut kamera lubang jarum. Mencoba hal yang baru itu oke juga kan?

Trivia: Ransom Riggs - yang baru-baru ini menelurkan trilogy buku Miss Peregrine and the Peculiar Children (bahkan sudah ada filmnya juga) - menyukai fotografi dan hobinya mengumpulkan foto-foto vintage. Kalian bisa meniru Riggs untuk mencari bukti keberadaan makhluk fantasi di sekitar kalian (misalnya tante kunkun dan keluarga dedemitnya).


4. Belajar Teknik Berpedang Samurai


Atau Kungfu Shaolin, atau Pencak Silat, atau Karate, atau Wingchun, atau Ninja, atau Capoeira, atau menyumpit (teknik meniup jarum/panah beracun dari sebuah batang kecil/besar dari suku Dayak), atau ..... yah kalian tahu lah ya. Intinya ilmu bela diri. Semua itu akan menjadi olahraga yang bagus agar tubuh lebih fit dan lentur. Tentu saja agar kalian juga bisa mempraktikkan semua hal-hal keren yang dilakukan para jagoan kita di dalam buku. Tapi, jangan ke dukun buat belajar ilmu sihir ya, nanti malah disuruh jaga lilin (`3`)/ 

Saran 1: jika dirasa terlalu berat, olahraga biasa juga boleh. Misalnya lari-lari kecil menuju tempat diskonan buku. Atau weight lifting belanjaan buku diskonan. Atau .... oke, Penfi kudu stop. 


5. Ngepoin akun sosmed gosip


Eerrrr........ Memang yang satu ini nggak ada gunanya, bener-bener nggak produktif. Tapi sekali waktu pasti ada saat-saat kita ingin melampiaskan kenyinyiran kita terhadap sesuatu yang ...... kosong ...... cuma sekadar melepas penat. Terutama setelah membaca buku yang bikin kita emosi. Nah akun penyebar gosip bisa jadi cocok buat kalian. 

Warning: Penfi tidak bertanggung-jawab jika kalian semakin stres setelah membaca akun sosmed gosip. *kabur digendong Flash*


6. Bikin kue atau (belajar) memasak


Naaaah, yang ini Penfi sarankan dengan amat sangat. Kalau nggak bisa memasak, maka ini waktu terbaik untuk belajar. No hero can win the war with an empty stomach, begitu pepatahnya (Penfi baru bikin pepatah itu). Bahkan Pippin dan Merry (The Hobbit) aja kudu sarapan dua kali. Jadi, mulailah bereksperimen membuat kue dan memasak hidangan siapa tahu kalian malah membangkitkan hidden jutsu sebagai Chef berkualitas Michelin bintang tiga! 

Saran 2: kalo sukses jangan lupain Penfi ya, kirim-kirim kuenya yaaa~  



7. Travelling!


Ngerti, ngerti, buku bisa bikin kita travel ke banyak dunia. Lagipula kita masih kuliah/kerja/sekolah/berumahtangga/nguruspeliharaan dan lain sebagainya. Banyak dari kita yang merasa uang bulanan hanya lewat begitu saja dan sedihnya bagai di-PHP kekasih. Jadi kita cukup puas dengan buku dan jendela ajaibnya di pikiran kita. AKAN TETAPI! Travelling nggak melulu pergi ke luar kota atau ke luar negeri. Gunakan imajinasi kalian dan jalan-jalanlah ke......... mall (anggap aja lagi jalan ke kementrian sihir Inggris), atau ke rumah tetangga (anggap aja sedang mencari kata bertuah untuk misi penyelamatan naga), atau ke gang sebelah (anggap aja gang penuh jebakan dan harus dilewati sebagai mini quest), atau ke..... group chat sebelah....*lalu Penfi dijorokin ke laut*

*di tepi pantai* : percaya deh, jalan-jalan itu bagus untuk penyegaran otak (^__^)9 



Nah gimana? Apa Penefiers punya cara lain?

Komentar