Booklicious July!

Bulan Juli telah tibaaaaa, Setelah liburan dan harus balik kerja atau sekolah, masih bingung mau baca buku apa? Penfi rekomen buku-buku berikut:








1.    Semua Ikan di Langit by Ziggy Zezsyazedviennazabrizkie

Sebagai satu-satunya pemenang sayembara Dewan Kesenian Jakarta 2016, buku ini memang layak untuk dibaca. Banyak juga pembaca yang sudah menganalisanya dan mengambil kesimpulan macam-macam di blog pribadi mereka. Rekan Penfi juga sangat merekomendasikan novel ini karena membuka warna baru dalam pasar perbukuan Indonesia.


2.    The Eyes of the Dragon by Stephen King
Terbit pertama kali tahun 1987 dan sudah diterjemahkan di sini tahun 2012, buku ini kurang mendapat suara padahal sering direkomendasikan. Merupakan buku stand alone yang tidak bersambung tetapi masih ada link ke Dark Tower Universe. Stephen King yang jago merangkai kisah seram menyangkut prilaku manusia, kali ini menulis sebuah kisah fantasi tentang penyihir jahat dan mata naga sebagai mata rantainya. 


3.    Anomalies by Sadie Turner & Colette Fredman
Ini merupakan buku bertema distopia yang baru saja dikeluarkan Metamind tahun ini setelah versi orisinilnya terbit tahun 2016. Sedikit mirip Divergent dan Delirium kalau baca sinopsisnya. Ketika sebuah dunia yang ditinggali Keeva adalah sebuah dunia yang damai, tanpa perang, tanpa penyakit, tanpa kemiskinan. Tetapi dibalik itu semua ada tangan-tangan yang mengatur. Tidak boleh ada perbedaan, tidak boleh ada pendapat pribadi. Pasangan hidup dan pekerjaan juga akan ditunjuk oleh pemerintah. Tapi ada yang disebut Anomali, orang-orang yang tidak 'mempan' oleh program pemerintah dan Keeva adalah satunya. 


4.   The Black Magician Trilogy by Trudi Canavan
Diambil dari .... estalase toko seseorang
Terbitnya sudah lama, diterjemahkannya juga sudah lama, bahkan ada side-story nya The Magician's Apprentice yang diambil puluhan tahun sebelum kisah dalam trilogi ini. Tapi sayangnya trilogi ini kurang mendapat perhatian (apa karena covernya ya?). Padahal, dengan target pembaca Young Adult, trilogi ini cukup apik menggambarkan intrik-intrik dunia sihir. Sekilas agak mirip Harry Potter karena ada sekolah sihir, bangsawan-bangsawan keturunan 'murni', dan lainnya. Tapi di sini lebih ditekankan pada konflik antar negara dan peperangan. Beberapa rekan Penfi sangat menggandrungi trilogi ini, mungkin kalian bisa ikut menyicipinya juga.


5.   The Rest of Us Just Live Here by Patrick Ness
Belum lama ini terbit, buku bang Patrick yang satu ini juga ditujukan untuk pembaca Young Adult sebagai novel satire yang mengkritik plot cerita petualangan remaja yang kurang bervariasi dalam menggunakan tokohnya. Dalam buku ini kisah-kisah heroiknya hanya disajikan dalam beberapa kalimat pendek yang menjadi latar belakang kisah dari orang-orang biasa yang kehidupannya sangat dipengaruhi oleh petualangan para pahlawan muda. Tokoh yang diambil bang Patrick sangat bervariasi, mulai dari yang OCD, bulimia, anak dari orangtua konservatif, dan yang disensor (karena major spoiler HAHA). Kalau kalian ingin tahu kehidupan orang biasa-biasa saja ini, silahkan langsung ambil dari timbunan (atau buruan beli) dan beritahu pendapat kalian.

Komentar